NO | NAMA TES | JENIS TES | PENCIPTA | TUJUAN PENGUKURAN | ASPEK-ASPEK PENGUKURAN | DIGUNAKAN UNTUK USIA | WAKTU | BENTUK | VALIDITAS | RELIABILITAS | CARA SKORING |
A. | RAVEN PROGRRESIVE MATRICES | | | | | | | | | | |
1. | STANDARD PROGRRESIVE MATRICE (SPSM) | Tes SPM (A2) | J.C.Raven | Untuk mengukur & menggolongkan tingkat kecerdasan umum dari aspek subjek | Mengukur kecerdasan org dewasa faktor general | 6-13 ½ dan 8-14 thn | 30 menit | Terdiri atas 5 kelompok yaitu A,B,C,D,E | | | Saat yg benar diberi nilai “1” yg salah diberi nilai “0” |
2 | COLOURED PROGRESSIVE MATRICES (CPM) | Tes CPM | J.C.Raven | Untuk mengungkapkan taraf kcerdasan | -Berpikir logis -Kecakapan pengamatan ruang -kemampuan untuk mencari & mengerti hub.antara keseluruhan dalam kemampuan analisis & integrasi | 5-11 tahun | Tdk ada pembatasan waktu | Teriri 36 item/gambar menjadi 3 set : set A,Set B & Ab | 0,04-0,28 | 0,29-0,548 | Tiap jawaban diberi nilai “1” sehingga jlh nilai tertinggi yg dicapai ialah 36 |
3 | ADVANCED PROGRESSIVE MATRICE (APM) | Tes APM Set I & II | J.C.Raven | Untuk mengukur intelegensi,disamping untuk tujuan analisis klinis | Mengungkapkan kemampuan efisiensi intelektual yg normal & intelektual superior | 10-12 tahun 12-21 tahun dewasa | Set I: 5 menit Set II: 40 menit | Set I : 12 btr soal Set II: 36 btr soal | 5,93-6,00 6,64-6,74 8,95-9,38 | 0,76 0,86 0,91 | Tiap jawaban yg benar diberi nilau “1” jawaban yg salah diberi nilai “0” |
B | DIFFERENTIAL APTITUDE TESTS (DAT) | | | | | | | | | | |
1 | NUMERICAL ABILITY FORM A | Tes hitung | -George K.Bennett -Harold G.Seashore -Alexander G.Wesman | Utk melakukan prediksi diri bidang pendidikan & pekerjaan | Kemampuan berfikir dgn angka & penguasaan numerik | 16-17 tahun | 30 menit | Pd buku cetakan yg berukuran ½ folio dgn soal 40 butir | 0,51 | 0,709 | Tiap jawaban yg benar diberi nilau “1” jawaban yg salah diberi nilai “0” |
2 | ABSTRACT REASONING | Tes Penalaran (A3) | -George K.Bennett -Harold G.Seashore -Alexander G.Wesman | Utk ling.sekolah perusahaan,pekerjan/profesi yg memerlukan persepsi hub.antara benda-benda | Penalaran yg bersifat non-verbal atau dikenal sebagi ‘abstract reasoning” | | Waktu test 25 menit Intruksi 5-10 menit | Hal.depan ada petunjuk mengerjakan.Soal berjlh 50 butir | DAT memiliki validitas bervariasi berdasrkan spesifikasi | 0,783-0,765 | Jawaban benar dinilai “1” salah “0” skor tertinggi=50,skor kasar ¼ W |
3 | SPACE RELATION | Tes Pola (B3) | -George K.Bennett -Harold G.Seashore -Alexander G.Wesman | Digunakan utk mengetahui berapa jauh kemampuan seseorang mengenal ruang 3 dimensi | Mengungkapkan/mengukur kemampuan mengenal brg-brg konkrit melalui proses penglihatan dalam mengenal brg sec.3 dimensi | | Utk tes 30 menit Utk instrusi 5-10 menit | Soal 40 butir dgn lembar jwbn terpisah soal 60 butir dgn tes ruang bidang | Grade 8-12 | 0,92-0,94 0,86-0,92 | Cara menskor benar/salah sesuai kunci jwbn yg benr dikrg jwbn yg slh sbg hsl akhir. |
4 | MECHANICAL REASONING | Test pengertian mekanik (C4) | -George K.Bennett -Harold G.Seashore -Alexander G.Wesman | Utk mengetahui kemampuan dalam bidang kemampuan mekanik | Daya penalaran dibdg kerja mekanik & prinsip fisika yg merupakan slh satu faktor intelegensi dlm arti luas. | | Menjwb soal 30 menit instruksi 5-10 menit | Soal berjlh 68 butir & lembr jawbn terpisah | Grade 8-12 | Pria : 0,81-0,86 Wanita: 0,69-0,73 | Jawaban benar dinilai “1” salah “0” skor tertinggi=68 skor kasar ½ W |
5 | CLERICAL SPEED AND ACCURACY | Tes cepat & teliti (D4) | -George K.Bennett -Harold G.Seashore -Alexander G.Wesman | Utk konseling sklh (siswa yg dpt nilai rndh) atau pekerja yg mengalami kesulitn dlm persepsi | Mengukur respon subjek terhadpa tugas atau pekerjaan yg menyangkt kec.persepsi respon thdp ombinasi hrf angka ingatn yg sftnya (STM) | | Set I: 3 menit Set II:3 menit Instruksi 5-10 menit | 2 halaman Soal 1&2 hal soal bgn yg msg2 terdr dr 100 btr | Grade 8-12 | P:0,77-0,93 W:0,84-0,91 | Skor hanya diberi pd bg II,bag I hny soal lthn:skor adlh jlh soal yg dikerjakan dgn benar |
C | GENERAL APTITUDE TEST BATTERI (GATB) | | | | | | | | | | |
1 | THERE DEMENTIONAL SPACE | Tes ruang bidang (GATB) | Charles E.odell | 1.tes perbendaharaan kata (vocabulary) 2.tes berhitung soal(arithmatic reasoning) | Mengukur kemampuan berpikir secara visual(dr bentuk geometris dr 2 menjadi 3 dimensi) | Siswa sma | Perincian:3 menit Penjelasn: 5 menit | Sekumpulan soal tes yg tersedia lmbr jwbn utk mengerjkn | 0,396 | 0,873 | Skor diperoleh oleh seorang testi sbg penjlh dr jwbn yg btl |
2 | TOOL MATCHING | Tes yg mempersmkan perkakas ( | Charles E.odell | Utk mengnl profil bakat sesorg & mengnl bkt kejujrn (pola kejjrn) | Kemampuan tau kecermatan dalam pengamatan | | Perincian:4 menit Penjlsn: 5 menit | Berupa buku setebal delapan halaman dan lembar jawaban | - | - | Berdasarkan pd jwbn yg bnr,diperoleh nilai yg bergrk dri 0-49 |
3 | FINGER DEXTERITY TEST | Tes kecekatan dr GATB | Charles E.odell | Utk mengukr bakat/kemampuan khsus kecekatan jemari individu | Utk mengukr kecepatan jemari tangan & jari2 yg meliputi pengertian koordinasi kecepatan & ketepatan | | Pemasangan: 120 detik Pembongkaran:90 detik | | Penelitian pokok:0,863 Kembang gula:0,632 | Penelitian pokok:0,865 Kembang gula:0,963 | Test perakitan dgn mencatat jlh baut ring yg dipsng oleh testing. Pembongkaran: jlh baut yg tlh sdh dibongkar utk di psng d atas papan& jlh ring yg dmskan kembli ke tiang. |
D | FIANAGAAN APTITUDE CLASIFICATION TEST (FACT) | | | | | | | | | | |
1 | CODING MERUPAKAN kode(sandi)subtest ke-2 dari FACT Memory subtest ke-3 dari FACT | | J.C.Flanang-an | a.Dlm konseling perkerjaan sebagai bantu memprediksi keberhasilahan kerja berdasarkan kemampuan khusus. b.dapat digunakan dlm seleksi & penempatan karyawan | a.kode kecepatan dan kecermatan b.ingatan:keberhasilan mempelajari & mengingat sandi2 dalam fact2:kemampuan menghafalkan bahan2 tercetak | SMP & SMA | a.petunjuk: 20 menit pengerjaan: 10 menit. b.petunjuk: 1 menit pengerjaan: 4 menit | Kertas dengan bahan tercetak tersedia lembar jawaban | Belum terdapat informasi yang dapat dijadikan pegangan | Belum terdapat informasi yang dapat dijadikan informasi | a.sandi; skor jlh yg benar jlh skor tertinggi mungkin 150 b.ingatan : skor jlh yg benar jlh skor tertinggi yang mungkin 25 |
2 | ASSEMBLY SUBTEST KE-5 DARI FACT TEST MERAKIT OBJEK DENGAN KODE C | Test merak-it objek | J.C.Flanang-an | Berguna utk memprediksi mengenai bakat &kemampuan sesorang utk meramalkan keberhasilan kerja pd berbagai bidang tugas | Untuk mengenal mengetahui dan membayangkan bentuk suatu objek yang disusun dari bagian tertentu yang terpisah | - | Petunjuk: 6 menit Mengerjakan i : 6 menit Mengerjakan II: 6 menit | Berbentuk buku cetakan yang mengandung 20 soal termasuk contoh mengerjakan tersedia Lembr jwbn. | | | skor tertinggi adalah 20 bila ada tanda silang berarti bernilai nol |
My Blog adalah inspirasiku....Dimana aku bisa membagi setiap inspirasi itu kepada yang lain... Aku percaya...dengan saling berbagi bisa memperkecil kesenjangan yang ada.... Salam Hangat Dari Indah
Total Tayangan Halaman
Jumat, 23 Maret 2012
NAMA-NAMA ALAT TES PSIKOLOGI
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Referensinya dari mana?
BalasHapusOhh..ini rangkuman dari buku" psikologi...
BalasHapuskok tertutup ama profil ya
BalasHapusSaya boleh minta soft copy nya ?
BalasHapuskaulikasdach@yahoo.com
makasih sebelumnya :)